FAQ

TANYA JAWAB

Bagaimana Cara Menguji atau Demonstrasi Kualitas TIRE GUARD® ?
TIRE GUARD® didesain bekerja menutup lubang pada saat kendaraan sedang berjalan, dimana ada gaya sentrifugal, tekanan berulang dan beban. Ditambah dengan panas yang ditimbulkan karena gesekan dengan jalan/aspal.
Semua proses ini berjalan secara bersamaan pada saat kendaraan berjalan, yang pada akhirnya penambalan TIRE GUARD® bisa permanen, terlebih setelah berjalan 1-2 hari.
Demonstrasi adalah kegiatan untuk meniru (simulasi) proses di atas. Sudahkah simulasi dilakukan dengan tepat ?
Sebelum melakukan demo, biarkan TIRE GUARD® berada di dalam ban selama 1-2 hari, atau dengan perjalanan 10-20 Km, tujuan nya memberi kesempatan TIRE GUARD® melapisi dengan sempurna ban bagian dalam.

Demo yang benar adalah :
  1. Tancapkan paku di sebuah papan dengan bagian yg tajam mengarah ke atas.
  2. Lalu lindas dengan ban kendaraan yang sudah terisi TIRE GUARD® .
  3. Kemudian berjalan 1-2 km, lalu perhatikan apakah terjadi kebocoran ?
Ket : Proses penambalan akan sempurna (permanen)  selama waktu 1-2 hari atau dengan perjalanan yang jauh (10-20                                Km) .

Fakta :
  • TIRE GUARD® selalu berfungsi dengan baik, jika kena paku secara alamiah. Karena orang tidak sadar kena paku (sampai orang tersebut menemukannya), selama itu pula proses penambalan berjalan sempurna.
  • Khusus untuk Reseller/Agen : demo tidak selalu membuat orang tertarik membeli, kecuali hanya bikin kagum dan pujian saja. Maka bijaksanalah dalam memilih waktu dan tempat demo.
Berapa lama ketahanan TIRE GUARD® dalam kemasan ?
Selama segel tutup kemasan belum terbuka, maka TIRE GUARD® masih berfungsi dengan baik dalam waktu yang lama. Harap diperhatikan, bahwa sebaiknya pembukaan tutup botol hanya dilakukan sesaat sebelum TIRE GUARD® dimasukan dalam ban.
Berapa lama ketahanan TIRE GUARD® dalam ban ?
TIRE GUARD® masih bisa berfungsi dengan baik dalam waktu 1-2 tahun (rata-rata seumur ban), tergantung dari kondisi di lapangan, antara lain intensitas pemakaian kendaraan, kualitas ban dan frekuensi kasus kebocoran.
TIRE GUARD® ada berapa jenis ukuran ?
TIRE GUARD® untuk saat ini hanya kami produksi dengan kemasan 200 ml.
Apakah untuk setiap ban, jumlah ukuran TIRE GUARD® yang digunakan sama ?
Secara umum ukuran pemakaian TIRE GUARD® pada setiap ban adalah untuk sepeda 100ml (1/2 botol), sepeda motor 200ml (1 botol) dan mobil 400ml (2 botol).
Bagaimana jika angin yang digunakan dalam ban adalah gas Nitrogen ?
Tidak ada masalah sama sekali, TIRE GUARD®  tidak bereaksi dengan gas Nitrogen.
Apakah TIRE GUARD® mengandung racun ?
Ya, jika masuk ke dalam saluran pencernaan. Karena terbuat dari bahan-bahan kimia yang tidak untuk dikonsumsi oleh manusia.
Apakah TIRE GUARD® aman bagi anak-anak ?
Sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak-anak untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.
Apakah TIRE GUARD® aman bagi kulit ?
Pada saat pengemasan pH akhir terukur rata-rata diantara 7-8, maka relatif aman terhadap kulit. Hanya mungkin warna kuning yang menempel pada kulit agak sulit hilang dalam waktu cepat.
TIRE GUARD® dapat digunakan untuk jenis ban apa saja ?
Bisa dipakai untuk ban dalam (tube) maupun ban tubeless.
Mampu mengatasi berapa banyak kebocoran ?
Kebocoran yang bisa diatasi lebih dari 10 lubang paku.

Apa saja keuntungan yang didapat dari penggunaan TIRE GUARD® ?
  • Dapat melindungi ban dari kebocoran tertusuk paku & benda tajam.
  • Paku atau benda tajam yang tertancap pada ban dapat langsung dicabut dan lubang tertutup secara otomatis (Automatic Sealant)
  • Dapat langsung diisikan pada ban yang sudah terlanjur kempes terkena paku, dan segera bisa langsung diisi angin tanpa harus menambal atau ganti ban.
  • Melindungi ban secara maksimal terhadap tebaran paku atau benda tajam di jalan raya, termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”.
  • Menjaga kelembaban ban, sehingga tidak mudah panas.
  • Dapat menghemat pengeluaran untuk menambal ban atau pembelian ban baru.
  • Dapat diisikan langsung ke ban yang sudah bocor di jalan (kempes) tanpa harus ditambal secara manual, tetapi cukup langsung diisi angin. (catatan : hal ini akan berhasil baik jika kebocoran bukan berasal dari pangkal pentil yang sobek atau ban yang pecah  atau meletus)
 Apa efek samping menggunakan TIRE GUARD® ?
Sampai saat ini belum ada laporan yang berkaitan dengan efek samping dari pemakaian TIRE GUARD®
Dalam jangka waktu tertentu apakah TIRE GUARD® dapat merusak ban ?
Tidak, justru menjaga umur pemakaian ban menjadi lebih lama.
Jika di dalam ban TIRE GUARD® akan berbentuk apa ?
Formula tetap dalam kondisi cair sebagian dan sebagian lain membentuk lapisan di dalam ban.
TIRE GUARD® dapat bekerja pada suhu berapa ?
Pada semua suhu yang mungkin terjadi di dalam ban.
Saat menggunakan TIRE GUARD® apakah tidak mengganggu kestabilan ban ketika berjalan ?
Kendaraan tetap stabil dalam kecepatan rendah dan tinggi, walaupun kecepatan diatas 100km/jam.
Saat menggunakan TIRE GUARD® apakah tidak mengganggu kestabilan ban ketika berjalan terutama untuk mobil ?
Khusus untuk mobil, sebaiknya ban mobil sebelum diisi TIRE GUARD® dipastikan dahulu kesetimbangan (balancing) nya, karena kalau sebelumnya memang ban mobil sudah tidak setimbang, maka TIRE GUARD® tidak dapat dijadikan faktor penyebab ketidaksetimbangan ban mobil tersebut.
 Perlukah penambahan TIRE GUARD® saat sewaktu-waktu ban kempes ?
Tidak perlu, cukup ditambah angin saja dan ban diputar di tempat 1-2 kali putaran. Hal ini mungkin terjadi setelah kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama.
Jika kemasan rusak apakah TIRE GUARD® masih dapat digunakan ?
Masih, karena yang penting adalah formula "kuning" nya.
Penyimpanan TIRE GUARD® di dalam kemasan dalam waktu yang lama dapat mempengaruhi keoptimalan cara kerjanya atau tidak ?
Tidak, karena life time TIRE GUARD® dalam kemasan dapat betahan hingga lebih dari 1 tahun.
Cairan TIRE GUARD®  bisa menutup lubang pentil atau tidak ?
Tidak, sebab sekalipun menutup tetap pada saat pengisian angin akan terbuka kembali dan flokulan hasil bentukan dari formula hanya berfungsi seperti katup dimana angin dari dalam tidak bisa keluar tetapi angin masih bisa masuk jika dipompakan.
Bagaimana bila ban terkena paku dari samping ?
Formula tidak bekerja maksimal juka kebocoran berasal dari samping, sebab akumulasi cairan berada pada telapak ban. Tidak bekerja maksimal artinya masih ada kemungkinan formula bisa mengatasi kebocoran tersebut.
 Bagaimana jika ada penggantian ban luar ?
Ban dalam masih bisa dipakai kembali, asal pada saat penggantian angin dikeluarkan secara perlahan-lahan (posisi pentil di atas) dan setelah pentil dipasang kembali agar formula tidak tumpah. Setelah dipasang kembali, sebelum diisi angin, putar roda beberapa kali putaran dan sisi angin sebagian, kemudian putar lagi dan tambahkan angin secukupnya.
 Apakah TIRE GUARD® akan mempengaruhi velg menjadi berkarat ?
Tidak, karena formula memiliki kadar keasaman (pH 7-8) yang setara dengan air biasa.
Apakah akan terjadi penguapan di dalam ban ?
Ya secara alamiah, tapi sedikit sekali.
Dari segi harga, bukankah dari pada membeli TIRE GUARD® lebih baik membeli ban dalam baru ?
Sama sekali tidak. Sebab ada hal yang nilainya lebih dari harga TIRE GUARD®, seperti : waktu, keamanan dan kenyamanan, tenaga dan ketenangan pikiran.
Siapa sajakah yang perlu memakai TIRE GUARD® ?
Orang yang ingin merasakan keamanan dan kenyamanan berkendara.
Orang yang tidak ingin menambah masalah tak terduga, sekalipun itu kecil.
Orang yang selalu berusaha mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi seperti :
Terlambat !
(kerja, sekolah, kuliah, jemput anak atau janji bisnis)
Keringat Bercucuran .. ! lelah .. ! Rusak Penampilan .. !
(mendorong motor atau dongkrak mobil dan bongkar pasang ban)
Kesal.. Takut.. dan.. Mengerikan !
(ban bocor di tempat sepi di malam hari)
dan masih banyak kemungkinan buruk lain termasuk modus kejahatan “Tebar Paku”.
Mengapa ada kemungkinan penutupan lubang tidak sempurna dan bocor halus ?
Ya, itulah kapilarisasi. Pada saat terjadi kebocoran, proses yang harus terjadi di dalam ban adalah adanya perbedaan tekanan udara yang besar antara dalan dan luar ban, ditambah adanya gaya sentrifugal maka akan mendorong cairan TIRE GUARD® ke bagian lubang sehingga membentuk flokulan yang secara spontan menutup kebocoran.
Tetapi dalam satu kemungkinan, proses flokulasi tidak terbentuk secara sempurna sehingga terbentuk lubang kapiler yang tidak bisa tertutup lagi oleh formula. Akibatnya ban kendaraan dalam periode waktu tertentu berkurang tekanan anginnya secara perlahan.
Jika hal ini terjadi, maka lakukanlah langkah sederhana yaitu tusuk kembali lubang dengan paku, kemudian cabut paku dengan posisi tusukan di bawah dan putar roda/ban beberapa kali, dan kendarai 1-2 km.
Kapilarisasi juga mungkin terbentuk pada ban yang pernah ditambal secara kanisir, dimana kalau tambalan tersebut terkelupas maka tidak ada efek angin yang menerobos secara tiba-tiba (perbedaan tekanan antara dalam dan luar kecil). Pada akhirnya flokulan yang terbentuk tidak sempurna
 Bagaimana sebaiknya perlakuan/perawatan terhadap ban ?
Selalu perhatikan tekanan angin ban, jaga selalu normal, jangan sampai kempes atau tekanan dibawah normal, akibatnya mobilitas TIRE GUARD® akan berkurang dan tekanan untuk menutup lubang juga berkurang, efeknya penutupan kurang sempurna.