Bagaimana Pengeluaran Anda selama ini untuk pembelian BBM mulai hari ini memiliki nilai penghematan demi lingkungan dan anak cucu kita
Saya Akan Buka Rahasia Bagaimana MENGHEMAT Dengan Cara YANG TIDAK PERNAH ANDA BAYANGKAN SEBELUMNYA...
Mobil atau Motor kita baiknya diisi bensin apa ya?
Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax Plus yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.
Wah jadi bagaimana dong?
MEMILIH JENIS BENSIN PADA KENDARAAN
- Ternyata bensin yang di jual di SPBU itu ada tiga jenis dan dibedakan berdasarkan Nilai Oktannya. Premium (oktan 88). Pertamax (oktan 92) dan Pertamax Plus (oktan 95).
- Bensin dengan bilangan oktan 88, berarti bensin tersebut terdiri dari 88% oktana dan 12% heptana (atau campuran molekul lainnya). Bensin ini akan terbakar secara spontan pada angka tingkat kompresi tertentu yang diberikan sehingga hanya diperuntukkan untuk mesin kendaraan yang memiliki ratio kompresi yang tidak melebihi angka tersebut.
Hal – hal Yang Mempengaruhi Kebutuhan Nilai Oktan Bensin Kendaraan Anda ;
- Suhu. Semakin panas udara dan pendingin mesin meningkatkan kebutuhan oktan.
- Ketinggian, Semakin tinggi ( dari permukaan laut ) menurunkan kebutuhan oktan.
- Kelembaban. Semakin kering udara meningkatkan kebutuhan oktan.
- Waktu Pengapian. Jika waktu pengapian meningkat, maka nilai oktan meningkat.
- Cara berkendara. Jika lebih sering akselerasi cepat dan beban yang berat akan meningkatkan kebutuhan nilai oktan.
Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….
Fakta…
Pada kenyataannya.. banyak kita lihat, khususnya di SPBU, motor-motor baru yang
berkompresi tinggi mengantri panjang di pompa bensin jenis Premium. Faktor
ekonomi lebih mendesak ketimbang dampak rusak ke depan pada mesin motornya..
atau memang kurangnya informasi mengenai pemilihan bensin ini.
DAN FATAL KALAU MOTOR & MOBIL SERING DI ISI BENSIN CAMPUR
Tabel di bawah sengaja di beri warna, sesuai dengan bensin yang direkomendasi.
Bagaimana jika kendaraan diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
- Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar dan menghasilkan sisa pembakaran. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut dan piston bisa bolong.
Tapi....... PERMASALAHANNYA PREMIUN DENGAN OKTAN TINGGI MAHAL...!
DAN
PERMASALAHANNYA HARGA BENSIN SELALU NAIK...!
Harga BBM kian meroket dari US$ 20/barrel di tahun 2002 menjadi US$ 138/barrel di tahun 2008. Bahkan seorang “Pelaku Pasar” memperkirakan akan naik hingga US$ 200/lebih. Artinya harga bensin bisa naik hingga Rp 12.500/liter lebih.
SEBUAH SOLUSI UNTUK ANDA,...
Ini jelas merupakan sebuah revolusi hemat BBM yang nyata dan turut serta membantu pemerintah dalam gerakan hemat BBM. Anda jelas harus turut serta... salah satunya dengan cara memakai produk hemat BBM kami ini...
Apa Yang Bisa kita Lakukan Sekarang ?
Efisiensi alias Penghematan
Apa itu efisiensi ?
Menekan Biaya/ Cost dengan tidak mengganggu Fungsi
Bagaimana Caranya Untuk Efisiensi BBM
APAKAH KITA HARUS SEPERTI INI...?
Tambahkan BIOSPEED dalam setiap Pengisian BBM Motor, Mobil dan Mesin Industri Anda
Dear Saudaraku, Sekarang, Rahasia ini akan saya bagikan untuk Anda... sebuah solusi bagi anda..
Ini jelas merupakan sebuah revolusi hemat BBM yang nyata dan turut serta membantu pemerintah dalam gerakan hemat BBM. Anda jelas harus turut serta... salah satunya dengan cara memakai produk hemat BBM kami ini...
"Jika anda
BENAR-BENAR ingin mendapatkan kenyamanan dan hemat BBM...
maka SEGERALAKUKAN
TINDAKAN! Yang anda temukan di sini adalah salah satu cara
PALING SEDERHANA untuk meraihnya!"
BENAR-BENAR ingin mendapatkan kenyamanan dan hemat BBM...
maka SEGERALAKUKAN
TINDAKAN! Yang anda temukan di sini adalah salah satu cara
PALING SEDERHANA untuk meraihnya!"